SAQEENA MESIN 082216245858 - Pusat Mesin Semarang

Beranda » Blog » Cara Bikin Kentang Goreng Renyah Tahan Lama

Cara Bikin Kentang Goreng Renyah Tahan Lama

Diposting pada 7 Juni 2024 oleh admin / Dilihat: 5 kali / Kategori:

Cara Bikin Kentang Goreng Renyah Tahan Lama

French fries atau kentang goreng adalah salah satu makanan ringan favorit banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi camilan yang sempurna di berbagai kesempatan. Namun, salah satu tantangan terbesar dalam membuat kentang goreng adalah menjaga kekenyalan dan kerenyahannya dalam waktu yang lama. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara membuat kentang goreng renyah yang tahan lama.

1. Pilih Kentang yang Tepat

Memilih jenis kentang yang tepat adalah langkah pertama yang sangat penting. Kentang yang memiliki kadar pati tinggi, seperti kentang Russet atau kentang Idaho, adalah pilihan terbaik untuk membuat kentang goreng. Kentang jenis ini akan memberikan hasil yang lebih renyah dibandingkan kentang dengan kadar pati rendah.

2. Kupas dan Potong dengan Benar

Setelah memilih kentang, langkah selanjutnya adalah mengupas dan memotongnya. Pastikan untuk memotong kentang dengan ukuran yang seragam agar matang merata. Ketebalan potongan kentang juga mempengaruhi kerenyahan. Kentang yang dipotong tipis cenderung lebih renyah dibandingkan yang tebal.

3. Rendam dalam Air Dingin

Merendam potongan kentang dalam air dingin selama minimal satu jam atau lebih baik semalaman adalah kunci untuk menghilangkan sebagian pati dari permukaan kentang. Proses ini akan membantu kentang menjadi lebih renyah saat digoreng. Pastikan untuk mengganti air beberapa kali jika merendamnya semalaman.

4. Keringkan dengan Baik

Setelah direndam, keringkan kentang dengan baik menggunakan handuk bersih atau tisu dapur. Kentang yang basah akan membuat minyak goreng menjadi berbusa dan hasil akhirnya tidak akan serenyah yang diinginkan. Jadi, pastikan kentang benar-benar kering sebelum digoreng.

5. Gunakan Minyak yang Tepat

Minyak goreng yang digunakan juga mempengaruhi kerenyahan kentang. Minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kanola, minyak jagung, atau minyak kacang adalah pilihan yang baik. Hindari minyak zaitun atau minyak dengan titik asap rendah karena akan cepat terbakar dan mempengaruhi rasa kentang.

6. Goreng Dua Kali

Teknik penggorengan dua kali adalah rahasia utama untuk mendapatkan kentang goreng yang renyah dan tahan lama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Penggorengan Pertama (Blanching): Goreng kentang pada suhu sekitar 160°C selama 5-6 menit hingga kentang menjadi lembut tetapi belum berubah warna. Angkat dan tiriskan.
  • Penggorengan Kedua: Setelah kentang dingin, goreng kembali pada suhu sekitar 190°C hingga kentang berwarna keemasan dan renyah, sekitar 2-3 menit.

7. Tiriskan dengan Benar

Setelah digoreng, tiriskan kentang goreng di atas rak kawat atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Menempatkan kentang di atas rak kawat akan membantu udara mengalir di sekitar kentang, menjaga kerenyahan lebih lama.

8. Bumbui dengan Tepat

Bumbui kentang goreng segera setelah diangkat dari minyak. Garam adalah bumbu dasar yang harus ditambahkan saat kentang masih panas agar bumbu menempel dengan baik. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain seperti bubuk bawang putih, paprika, atau bumbu BBQ sesuai selera.

9. Penyimpanan yang Tepat

Jika ingin menyimpan kentang goreng untuk waktu yang lebih lama, pastikan untuk menyimpannya dengan benar. Letakkan kentang goreng yang sudah dingin dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam freezer. Untuk memanaskannya kembali, cukup panggang di oven pada suhu 200°C selama beberapa menit hingga kembali renyah.

10. Tips Tambahan untuk Kerenyahan Maksimal

  • Gunakan Air Es: Untuk hasil yang lebih baik, rendam kentang dalam air es setelah dipotong. Air es membantu menghilangkan lebih banyak pati dan membuat kentang lebih renyah.
  • Tambahkan Cuka: Tambahkan satu sendok makan cuka ke dalam air rendaman. Asam dari cuka membantu menjaga bentuk kentang dan mencegahnya hancur saat digoreng.
  • Menggoreng dalam Porsi Kecil: Jangan menggoreng terlalu banyak kentang sekaligus. Menggoreng dalam porsi kecil memastikan suhu minyak tetap stabil dan hasil gorengan lebih renyah.

Kesimpulan

Membuat kentang goreng renyah yang tahan lama memang membutuhkan beberapa langkah ekstra, tetapi hasilnya pasti sepadan. Dengan memilih kentang yang tepat, teknik penggorengan yang benar, dan trik tambahan seperti merendam dalam air dingin dan menggoreng dua kali, Anda bisa menikmati kentang goreng yang renyah dan lezat kapan saja. Cobalah tips di atas dan rasakan perbedaannya!

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati kentang goreng yang renyah, lezat, dan tahan lama, baik sebagai camilan sehari-hari maupun untuk menjamu tamu di berbagai acara. Selamat mencoba!
.
Jadi, apa yang Anda tunggu? Jangan biarkan kesempatan ini terlewatkan. Klik tombol beli di bawah ini sekarang dan mulai menggunakan produk mesin berkualitas dari kami. Dapatkan mesin kebutuhan Anda sekarang. [ klik Link di bawah ini ]
.
Silahkan kunjungi workshop Offline kami di Toko Mesin Semarang :
.
– RUKO Perum Puri asri no.1 jl.soekarno hatta Palebon, Pedurungan Kota Semarang Jawa Tengah Indonesia 50199
– Google MAPs Lokasi [ klik ] https://s.id/LokasiTokoMesin
.
Hubungi Admin Kami di :
– Admin 1 : 082216245858 [ https://s.id/CSmesin ]
– Admin 2 : 083145891000 [ https://s.id/CSsparepart ]
– Admin 3 : [ 024 ] 76412366 [ tel:+02476412366 ]
.
– Website : https://pusatmesinsemarang.com/
– Facebook : https://bit.ly/fbtokomesinsemarang
– Instagram : https://s.id/tokodiInstagram
– Shopee : https://s.id/tokodishopee
– Tokopedia : https://s.id/tokodiTokopedia
– Tiktok : https://s.id/tokodiTiktok
WA Animasi

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Cara Bikin Kentang Goreng Renyah Tahan Lama

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Bikin Kentang Goreng Renyah Tahan Lama

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: